Risiko Ternak Jangkrik

Halo pemirsa, 
Selamat pagiii....
Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas risiko apa sih yang memungkinkan ika kita ternak jangkrik? 
Risiko Ternak Jangkrik
Risiko Ternak Jangkrik

Kegagalan sering menghampiri peternak jangkrik, apalagi khususnya peternak pemula. Mengapa banyak pemula yang gagal membudidayakan jangkrik? Banyak faktor yang berperan saat menghitung keuntungan dan kerugian ternak jangkrik. Diantaranya pemula belum menguasai sepenuhnya cara ternak jangkrik yang benar. Selain itu, mungkin juga kurang memperhitungkan biaya operasional maupun hambatan di faktor cuaca dan suhu didaerah setempat. Disini kita akan secara khusus mmembahas tentang resiko kegagalan ternak jangkrik.

Tidak imbangnya hasil panen jangkrik dengan pakan yang dihabiskan merupakan faktor paling besar penyebab kebangkkrutan bagi para pemula peternak jangkrik. Jika sobat masih berminat untuk belajar bagaimana cara agar meminimalisir kerugian ternak jangkrik serta mengetahui penyebab gagalnya budidaya jangkrik, artikel ini cocok untuk dipelajari.

Jual Telur Jangkrik
Berkualitas Super
Dijamin 98% Menetas dan Aman
Hub. 085648030909
Beberapa penyebab kerugian ternak jangkrik diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Jangkrik tidak panen maksimal akibat kesalahan manajemen pakan
Pengaturan pakan merupakan salah satu kunci keberhasilan ternak jangkrik. Dengan pakan berkualitas, tentu pakan akan melimpah. Beberapa pakan terbaik untuk ternak jangkrik dapat dipilih, seperti penggunaan voer berkualitas baik, serta sayur-sayuran dan daun-daunan yang cocok untuk jangkrik.
2.  Jangkrik tidak panen sama sekali akibat terkena hama dan penyakit
Seperti membudidayakan hewan ternak lain, budidaya jangkrik juga mempunyai kendala hama dan penyakit. Misalnya adalah hama tikus, cicak, tokek, kadal dan semut. Hama ternak jangkrik tersebut mengganggu jangkrik yang sedang dibudidayakan, mengakibatkan gagal panen jangkrik secara maksimal. 
Penyakit lain yang sering menimpa jangkrik adalah CPV yang sering menyerang saat jangkrik berumur 30 hari atau 7 hari menjelang panen. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit, kebersihan kandang jangkrik perlu diperhatikan secara sungguh-sungguh oleh peternak jangkrik.
Risiko Ternak Jangkrik

3. Jangrik kanibal akibat kekurangan media tempat sembunyi jangkrik saat jangkrik berganti kulit merupakan saat yang rentan, jangkrik akan saling memangsa apabila tidak ada tempat sembunyi di dalam box jangkrik yang sudah memadai.
4. Harga anjlok akibat banyaknya stok di pasaran
Sesuai dengan mekanisme pasar, ketika sejumlah besar peternak di beberapa kota di jawa mulai panen raya jangkrik, maka dipasaran stok jangkrik pakan burung akan membludak. Hal ini akan mengakibatkan harga jangkrik anjlok. Peternak jangkrik pemula perlu memikirkan usaha lain agar jangkrik dapat dijual dengan harga tinggi.
Salah satu caranya yaitu dengan mengolah jangkrik hidup menjadi bahan lain atau olahan lain yang masih bernilai ekonomis cukup tinggi. Misalnya dengan membuat olahan makanan berbahan dasar jangkrik atau membuat tepung jangkrik murni yang juga dibutuhkan pasar sebagai bahan ekstra fooding bagi burung kicauan.

Jual Telur Jangkrik
Berkualitas Super
Dijamin 98% Menetas dan Aman
Hub. 085648030909

Risiko Ternak Jangkrik

Contoh diatas adalah beberapa faktor teknis penyebab kegagalan/resiko ternak jangkrik pemula. Hal tersebut diatas dapat sobat gunakan sebagai referensi untuk memulai usaha buddiaya jangkrik. Tinggal atur, riset dan meminimalisir resiko yang mungkin akan sobat dapatkan saat ternak jangkrik. Maka kerugian ternak jangkrik dapat dihindari.

Link Video:
 
Risiko Ternak Jangkrik

Risiko Ternak Jangkrik

Risiko Ternak Jangkrik

Risiko Ternak Jangkrik

Risiko Ternak Jangkrik

Pembelian melalui situs Bukalapak pada link:
Pembelian melalui situs Shopee pada link:
Pembelian melalui situs Tokopedia pada link:

 




0 comments