Telur Jangkrik Tidak Menetas

Tahukah anda tentang serangga seperti jangkrik? Pastinya, karena hewan ini tidak asing sekali di temui. Apalagi di persawahan, suaranya sangat lantang melantun bersamaan satu dengan yang lainnya. Karena memang disitulah jangkrik tumbuh dan hidup. Jangkrik banyak di cari untuk usaha budidaya, mengingat banyak yang memerlukan untuk pakan burung kicau. Jangkrik sebagai pakan burung memang mengandung banyak gizi yang di perlukan.

Telur Jangkrik Tidak Menetas
Telur Jangkrik Tidak Menetas


Seiring banyaknya pecinta burung, jangkrik sendiri justru semakin sedikit yang menjual lantaran mencarinya tidak mudah. Oleh karena itu harganya pun bisa di katakan mahal jika hanya untuk pakan burung saja. Nah, mungkin anda salah satu yang ingin beternak jangkrik. Ada hal-hal yang perlu anda ketahui, termasuk yang akan di sampaikan pada halaman ini adalah Penyebab Telur Jangkrik Tidak Dapat Menetas dan Cara Mengatasinya.

Terlebih dahulu, kenali bahwa telur-telur jangkrik bisa di simpulkan gagal menetas dengan tanda atau ciri-ciri berikut:
1. Terlihat Kempes
Telur jangkrik begitu terlihat kempes. Hal ini karena kadar air di dalam telur tersebut telah menyusut, bisa karena kurangnya kelembaban media penetasan yang anda sediakan.
2. Terlihat Gosong
Akan terlihat gosong telur jangkrik tersebut. Hal ini masih sama seperti yang di atas yakni karena kadar air dalamnya telah menyusut dan telur juga terpapar panas secara langsung sehingga menjadikan telur gosong.
3. Telur Jangkrik Terlihat Menggumpal
Telur jangkrik terlihat menggumpal serta terlihat terlalu basah. Bahkan parahnya lagi juga akan nampak berjamur. Hal ini dikarenakan kondisi serta suhu media penetasan jangkrik yang terlalu basah atau lembab sehingga menyebabkan telur-telur jadi basah dan berjamur.
 
 JUAL TELUR JANGKRIK ALAM SUPER
HARGA TERMURAH, KUALITAS TERBAIK
DIJAMIN 98% MENETAS
HUBUNGI 0856-4803-0909
Telur Jangkrik Tidak Menetas

Penyebab telur jangkrik tidak menetas
Penyebab Telur Jangkrik Tidak Dapat Menetas dan Cara Mengatasinya bisa anda simak pada kalimat ini. Ibaratkan saja tak ada asap jika tak ada api, itulah yang cocok untuk masalah pada jangkrik ini. Ada beberapa penyebab dari telur jangkrik yang tidak dapat menetas yakni sebagai berikut:

1. Mutu Indukan yang Terbilang Jelek
Penyebab utama dari telur jangkrik yang tidak dapat menetas adalah indukan yang buruk. Iindukan jangkrik disini menjadi salah satu faktor telur jangkrik tidak dapat menetas dengan sempurna. Kondisi indukan betina dan juga jantan harus dalam kondisi yang benar-benar sehat. Sehat-tidaknya dari indukan jangkrik juga dipengaruhi oleh pakan, kondisi kandang pada saat hidup serta kondisi kandang saat masa pembuahan (masa kawin). Bisa jadi juga indukan betina yang tidak bisa dibuahi sehingga menghasilkan telur infertil, atau telur yang tidak dapat menetas alias gagal.
2. Kesalahan Dalam Pemeraman
Penanganan telur-telur jangkrik juga bisa berpengaruh terhadap daya tetasnya nanti. Bisa jadi hal itu dimulai dari masa pemeraman. Untuk telur-telur jangkrik yang masih berusia muda memang akan ada baiknya diperami terlebih dahulu sebelum memasuki masa penetasan. Hal ini bertujuan guna mematangkan telur-telur.
3. Kesalahan Dalam Penetasan
Kesalahan dalam penetasan telur-telur jangkrik biasanya ada 2 macam, yakni yang pertama adalah karena usia telur jangkrik tersebut yang terlalu muda alias belum begitu matang untuk dipindahkan ke kandang penetasan. Lalu untuk yang kedua adalah karena kesalahan peternak tidak memastikan terlebih dahulu suhu dan kelembaban dalam media penetasan, yang mana biasanya bersuhu antara 27-31 derajat Celcius dengan kadar kelembaban tidak lebih dari 95%.
Telur Jangkrik Tidak Menetas

Cara Mengatasi Telur Jangkrik Tidak Menetas 
1. Pengecekan
Jika anda mendapatkan telur-telur jangkrik dari produsen, terlebih dahulu cek sebelum deal di terima. Begitupun jika telur hasil ternakan jangkrik anda sendiri tetap harus di perhatikan, teliti telurnya dan pastikan keadaan bagus.
2. Pastikan Kondisi Kering, Setelah usai di cek, pastikan telurnya dalam keadaan kering juga dan tidak menggumpal. Bila telur jangkrik anda dalam keadaan terlalu lembab dan menggumpal, segera lakukan tindakan yakni diangin-anginkan selama kurang lebih 5 menit.
3.Pembungkusan, Setelah selesai anda mengangin-anginkan telur jangkrik selama 5 menit, kemudian telur dibungkus kain kaos tebal harus di praktikkan.
4. Pembungkusan Koran, Setelah telur jangkrik di bungkus dengan kain kaos, selanjutnya adalah telur masih perlu dibungkus koran. Hal ini bertujuan untuk menjaga kehangatan telur jangkrik itu sendiri agar cepat menjadi tua dan siap menetas.   
5. Simpan Pada Toples, Jika anda telah selesai melakukan pembungkusan pada telur jangkrik menggunakan koran, tahap selanjutnya adalah telur jangkrik disimpan didalam wadah toples besar. Apabila kondisi cuaca kering dan kelembaban udara ternyata kurang, toples tersebut ditutup dengan kain kaos yang cukup lembab.
6. Cek Setiap 24 Jam, Lakukan pengecekan setiap 24 jam dengan cara buka dan lihat kondisi telur jangkrik tersebut. Rasakan dengan cara menyentuh telurnya. Apabila masih keras seperti beras dan terasa hangat, maka pemeraman anda bisa dibilang sudah berhasil atau benar. Akan tetapi apabila terasa lembek dan gembos berarti telur tersebut perlu dibasahi lantaran sudah kehilangan kadar air di dalam telurnya.
 
Telur Jangkrik Tidak Menetas
Demikianlah Penyebab Telur Jangkrik Tidak Dapat Menetas dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini membantu pembaca semua, salam sukses.
 JUAL TELUR JANGKRIK ALAM SUPER
HARGA TERMURAH, KUALITAS TERBAIK
DIJAMIN 98% MENETAS
HUBUNGI 0856-4803-0909
    
Link Video:
Telur Jangkrik Tidak Menetas

Telur Jangkrik Tidak Menetas

Telur Jangkrik Tidak Menetas

Telur Jangkrik Tidak Menetas
 
 
 

  

0 comments