Ternak Jangkrik Secara Modern

Jangkrik merupakan jenis serangga yang sering dipakai untuk pakan burung berkicau. Hewan yang memiliki nama latin Gryllus termasuk dalam keluarga Gryllidae/keluarga belalang. Bagi para kicau mania, jangkrik merupakan hewan berharga yang wajib dimiliki saat burung mereka lapar. Beternak jangkrik pun bisa dilakukan oleh para kicau mania.
Ternak Jangkrik Secara Modern
Ternak Jangkrik Secara Modern

Para kicau mania biasanya membeli jangkrik di toko yang menyediakan pakan burung. Bahkan, sekarang jangkrik sendiri sudah ada yang mengonsumsinya, tak hayal jangkrik di pasaran memiliki harga yang fantastis. Harga jangkrik di pasaran bisa mencapai 90 ribu/kg bahkan di waktu-waktu tertentu jangkrik ini bisa memiliki harga di atas 100 ribu/kg, mengalahkan harga daging ya.
Dengan adanya para kicau mania yang mana mereka sangat tergantung pada jangkrik untuk meningkatkan nutrisi burung mereka, membuat sebagian orang di Indonesia berinovasi untuk beternak jangkrik. Bahkan, di daerah saya, untuk harga minimal jangkrik mencapai 40 ribu/kg. Lumayan bukan?
Untuk pemasaran jangkriknya sendiri, tidak begitu sulit bahkan tergolong mudah, bisa kita setorkan ke toko pakan burung atau jika kalian beternak jangkrik dengan skala besar, kalian bisa mencari buyer atau bekerja sama dengan perusahaan yang memproduksi Por burung.
Untuk budidaya jangkrik sendiri, tidak memakan biaya yang mahal. Untuk persiapan membuat kandang, kita bisa menggunakan kayu usuk/balok kecil. Triplek untuk kandangnya bisa kita buat panggung dengan 4 kaki di pojok-pojoknya atau dengan menaruhnya di tanah, yang penting tanah kering.
Ternak Jangkrik Secara Modern

Persiapan Bahan dan Pembuatan kandang

Pada umumnya, kandang jangkrik memiliki bentuk kotak seperti peti. Untuk bahan-bahannya, terbilang mudah dicari di toko bangunan.
  • Siapkan kayu usuk/kaso potong kayu untuk rangkanya, tingginya 120 cm, lebar 80 cm,dan panjang 3 meter.
  • Siapkan triplek untuk dindingnya lalu potong triplek sesuai dengan ukuran rangka, setelah itu paku triplek seperti membuat peti.
  • Setelah jadi,lalu tutup bagian lubang yang ada pada box kandang jangkrik agar nantinya jangkrik tidak keluar.
  • Pada umumnya,para peternak jangkrik di sini membuat ukuran kandangnya agak tinggi agar nantinya jangkrik yang dibudidayakan tidak melompat keluar, dengan ukuran lebar 80-100 cm, tinggi 120-150 cm, dan panjang 3-4 meter.
Setelah kandangnya jadi, periksa kembali kandangnya apakah ada yang berlubang atau kurang kuat bagian rangkanya. Setelah semua dirasa cukup, maka kandang sudah siap di gunakan. Oh iya, di bagian pinggir kandang, bagian atas dikasih lakban putih agar nantinya jangkrik yang menempel di bagian dinding-dinding tidak pada keluar kandang.
Untuk lebih baiknya, kandang jangkrik ditempatkan di ruang yang sepi dan gelap agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Ternak jangkrik juga membutuhkan ketenangan agar jangkrik tidak saling melompat-lompat dan tidak stres.

Penetasan Telur

Para peternak jangkrik di daerah saya biasanya tidak memelihara jangkrik dari indukannya. Mereka membeli telur jangkrik lalu mereka tetaskan untuk dibesarkan. Untuk penetasan telurnya sendiri, adalah sebagai berikut.
  • Siapkan telur jangkrik, biasanya di sini membeli dari pengepul jangkrik. Jika di daerah kalian tidak ada, kalian bisa beli secara online.
  • Siapkan media pasir, ayak/saring pasir terlebih dahulu,ambil pasir yang paling lembut kemudian untuk menghindari bakteri, pasir bisa dicuci lalu dijemur dulu atau bisa juga disangrai agar terhindar dari bakteri.
  • Siapkan nampan dan isi nampan tersebut dengan pasir yang sudah steril tadi tetapi jangan terlalu penuh, cukup dengan ketebalan 1-2 cm saja.
  • Setelah itu, taburkan telur jangkrik yang sudah kita siapkan tadi secara merata. Jika sudah, taburan telur ditutup kembali dengan pasir secara merata, yang penting tertutup saja, jangan tebal-tebal, supaya telurnya bisa menetas.
  • Setelah itu, nampan yang berisi telur tadi dipindahkan ke kandang box yang sudah dibuat. Pastikan di dalam box tidak ada jangkrik dewasa atau semut dan hewan lainya.
  • Setelah itu, kita mengontrol telur secara berkala. Jangan lupa untuk menyemprot media telur tadi, tipis-tipis saja jangan sampai terlalu basah.
  • Biasanya, untuk penetasan dengan sistem media pasir ini, memakan waktu 10-12 hari hingga telur ini menetas dan menjadi jangkrik kecil.

Ternak Jangkrik Secara Modern

Mudah sekali kan beternak jangkrik itu, untuk itu mari kita lakukan peternakan yang menjanjikan ini dengan langkah awal membeli telur jangkrik dengan kualitas yang super-super bagus doong. Masalah telur jangkrik kualitas bagus percayakan saja pada kami ges, karena disini kami merupakan supplier terbesar telur jangkrik dengan kualitas terbaik, karena kami sudah banyak dipercaya oleh berbagai peternak jangkrik pada umumnya, masalah packingan jangan khawatir, karena kami selalu memprioritaskan keamanan dan kepuasan pelanggan tercinta.
Kontak Pembelian Hubungi Telepon atau Whatsapp pada nomor: 085646415014
Link Video:

Ternak Jangkrik Secara Modern

Ternak Jangkrik Secara Modern

Ternak Jangkrik Secara Modern

Ternak Jangkrik Secara Modern

Pembelian melalui situs Bukalapak pada link: 
Pembelian melalui situs Tokopedia pada link:
Pembelian melalui situs Shopee pada link:


0 comments